Dalam Sebuah Lelang Game Super Mario Bros 3 Menjadi Yang Termahal

Dalam Sebuah Lelang Game Super Mario Bros 3 Menjadi Yang Termahal : Sebutan sebagai kaset game termahal yang pernah dijual jatuh ke tangan Super Mario Bros. 3. Hal itu terjadi saat lelang yang digelar Auction Heritage beberapa waktu lalu. Dikutip dari The Verge, Rabu (25/11/2020), game yang rilis pada 1990 itu berhasil terjual seharga $ 156.000 (Rp 2 miliar). Harga awal untuk game ini mulai dari USD 62.500 (Rp 887 jutaan).

Dijual dengan harga Rp 2 Miliar, game ini mengungguli rekor Super Mario Bros sebelumnya. Pada lelang Juli 2020, game tersebut berhasil terjual seharga USD 114 ribu (Rp 1,6 miliar). Menurut Auction Heritage yang mengadakan pelelangan, game ini berhasil dijual dengan harga tinggi karena sejumlah faktor. Salah satunya adalah game ini memiliki desain kotak yang agak aneh. Di kotak, tulisan ‘Bros’ dari Super Mario Bros ada di sisi kiri kotak, menyebabkannya menutupi tangan kanan Mario yang muncul di sampulnya. Pada edisi berikutnya, tulisan bergerak lebih ke tengah.

Selain itu, dengan syarat masih bersegel plus box aslinya dan masih bagus, sudah berhasil laris manis. Nyatanya, game dengan judul serupa baru berhasil terjual seharga $ 38.400 (Rp 545 juta) pada Juli 2020. Perbedaan tersebut tidak lepas dari rating Wata yang dimiliki masing-masing game. Pada Juli 2020, salinan game Super Mario Bros 3 ini hanya mendapatkan rating Wata 9.0 A, sedangkan yang baru-baru ini dijual memiliki rating Wata 9.2 A Plus. Sebagai informasi, rating Wata memang kerap digunakan untuk menunjukkan kondisi game lawas yang ditawarkan.

Semakin tinggi nilainya, berarti game tersebut masih dijual dalam kondisi utuh, seperti box, manual, dan cartridge. Sedangkan fungsi huruf dalam rating ini menunjukkan kualitas game yang masih tersegel. Seperti evaluasi pada umumnya, huruf A menunjukkan bahwa kualitas seal pada game tersebut masih bagus dan baru seperti saat pertama kali dirilis. Kartrid permainan, yang pertama kali dirilis pada tahun 1985, berhasil dijual kepada penawar anonim di lelang oleh Heritage Auctions. Dijual seharga USD 114.000 atau Rp 1,6 miliar, kartrid Super Mario Bros ini mampu mengalahkan rekor lelang sebelumnya, untuk game yang sama, seharga USD 100.000 atau Rp 1,4 miliar pada Februari 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*