Menyukai Berbagai Genre Game

Menyukai Berbagai Genre Game : “Di Indonesia ada yang suka shoot battle royale. Ada yang suka MOBA, yang suka action, yang suka game ala anime,” kata Arief.

Meski ukurannya tidak besar, namun “kantong” yang banyak dan beragam itu menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia merupakan pasar yang ideal bagi para pemain di industri game.

“Karena pasarnya masih baru, masih berkembang, dan ternyata ada yang suka semua genre,” kata Arief.

Garuda Indonesia memperkenalkan karakter game online pertama di Indonesia bertajuk LOKAPALA: Saga of The Six Realms.

Arief sendiri mengaku optimis dengan perkembangan industri game di tanah air.

Menurutnya, dibandingkan pasar global, rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU) atau average revenue per user di pasar Indonesia masih rendah.

Namun, Anda melihat ada pertumbuhan year-on-year yang selalu naik ke atas.

“Karena nyatanya PDB per kapita kita meningkat, penetrasi internet semakin baik, semakin banyak orang yang bisa mengakses internet dan semua orang memiliki ponsel, harganya pun semakin murah,” ujarnya.

Menurut Arief, ketiga faktor tersebut diyakini bisa membuat pasar game di Indonesia semakin besar. Ia menambahkan, hampir tidak ada satu faktor pun yang menyebabkan penurunan tersebut.

“Paling tidak untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan. Jadi saya sangat optimis dengan perkembangan industri dan pasar di Indonesia, khususnya game,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*