Potensi eSport Bisa Hasilkan Jutaan Penonton Bukan Cuma Hanya Main Game

Potensi eSport Bisa Hasilkan Jutaan Penonton Bukan Cuma Hanya Main Game : Game menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk menghabiskan waktu luangnya, bahkan bisa dikatakan industri game di dunia terus berkembang setiap tahunnya, seperti di Asia Pasifik yang tumbuh 7,6% pertahun. Hal ini juga dibarengi dengan eSports global yaitu permainan kompetitif di level profesional yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Presiden Liga Inggris esports Indonesia Giring Ganesha mengatakan tidak heran jika esports mulai berkembang saat ini. Banyak faktor yang mendukungnya, termasuk mampu mengalihkan konsumen dari game konsol ke game seluler, yang membuat bermain game menjadi lebih mudah.

“Juga perubahan dari bermain single player ke multiplayer, karena sekarang lebih mudah bermain multiplayer hanya membutuhkan internet dan power bank. Terakhir ada perubahan dari bermain ke menonton, yaitu anak-anak jaman sekarang. mereka lebih suka menonton orang bermain, “kata Giring di acara tersebut. Webinar Seri Parekraf Chat: Potensi Besar Industri Gaming Indonesia, Selasa (30/6/2020).

Hal tersebut juga terlihat pada penyelenggaraan salah satu event eSport terpenting di Indonesia yaitu Presidential Cup dari Oktober 2019 hingga Februari 2020. Event ini meningkat menjadi 24 juta penonton dibanding event pertama. yang hanya memiliki 18 juta penonton.

“Di Piala Presiden juga terjadi peningkatan pendaftar dari yang pertama hanya 13.000, di ajang kedua bertambah menjadi 177.000 pendaftar. Ini membuktikan bahwa eSport di Indonesia memang berkembang,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia juga memiliki atlet yang pernah menjadi juara di kompetisi Asia seperti Rizky Faidan yang menjadi semi finalis pada game Pro Evolution Soccer World Championship (PES) bertajuk PES League World Finals 2019. Ada juga Luxxy dan Zuxxy yang berhasil menjadi juara dunia. dari PUBG dengan tim Bigetron Red Aliens.

Di sisi lain, Direktur Industri Film Kreatif, Musik dan Animasi, Syaifullah memaparkan data Newzoo bahwa pada tahun 2020, mobile eSport dunia mengalami peningkatan jumlah penonton hingga 600% sejak 2019 dan berkembang pesat di Indonesia. Asia Tenggara, India, dan Brasil. Hal tersebut juga diikuti dengan proyeksi pendapatan industri esports pada tahun 2020 yang akan meningkat sebesar 15,7% dari tahun 2019 menjadi US $ 1,1 miliar.

“Nah, ini kesempatan bagi teman-teman untuk mengikuti turnamen eSport. Selain itu, ada juga live streaming yang menjalin hubungan sosial yang kuat antara penonton dan streamer (atlet eSports),” kata Syaifullah.

Di sisi lain, Syaifullah juga menyampaikan bahwa eSport juga dapat mendongkrak pariwisata domestik, seperti yang terjadi di Rotterdam, Belanda, pada ajang eSport League of Legends European Championship yang menyumbang 2,4 juta euro dalam 2 hari. .

“Ini 87% penontonnya berasal dari luar Rotterdam, seperti China, Peru dan Korea Selatan. Jadi ini bisa menarik banyak sekali orang yang datang, dan ini menjadi kesempatan bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menggelar acara seperti ini Syaifullah menambahkan.

Selain itu, pertumbuhan eSports global juga didukung oleh pendapatan tambahan sebesar $ 636,9 juta dari sponsorship. Sayangnya, pendapatan dari pihak lain seperti media, merchandise, dan fee penerbit belum diimbangi dengan pendapatan sponsorship. Sementara itu, ada fakta menarik mengenai jumlah penonton yang diproyeksikan meningkat di tahun 2023.

“Pertumbuhan jumlah penonton diperkirakan pada 2023 akan ada pertumbuhan 646 juta penonton. Jadi yang menarik adalah di tahun 2020 ini ada 495 juta penonton yang bisa berubah karena masyarakat tidak keluar rumah dan salah satu caranya adalah dengan menonton eSports ”, pungkasnya.

Sebagai informasi, ada 5 esports terpopuler berdasarkan jam streaming yang ditonton di seluruh dunia yaitu League of Legends, CS: GO, Dota 2 yang juga terpopuler di Indonesia, Overwatch dan juga AOV. Sementara itu, 5 game mobile Esport terpopuler antara lain AOV, PUBG, Free Fire, Mobile Legends, dan Clash Royale.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*