Punya Manfaat Untuk Anak-Anak Asalkan Direfleksikan Secara Benar

Punya Manfaat Untuk Anak-Anak Asalkan Direfleksikan Secara Benar : Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun menyukai game mobile. Terkadang hal ini menjadi kondisi yang mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan anak menjadi kecanduan. Di sisi lain, apakah ada manfaat bermain game seluler untuk anak-anak?

Menurut data yang dirilis oleh firma analisis industri NPD, pada 2019 sekitar 73% anak-anak berusia dua tahun ke atas di Amerika Serikat sudah mengenal dan bermain video game (termasuk game seluler). Angka ini 6% lebih tinggi dari data tahun sebelumnya.

Bermain game yang sesuai dengan usia anak dapat meningkatkan konsentrasi, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, dan mengasah ketangkasan. Game mobile juga dapat membuat anak lebih aktif, karena diaktifkan untuk bermain game nyata, seperti bermain sepak bola, BMX, skateboard, basket dan lain-lain.

Namun, terkait manfaat bermain game mobile untuk anak, kidshealth.org menjelaskan, sebaiknya orang tua memilih game yang bisa dimainkan anak untuk mendapatkan manfaatnya. Game yang mengasah ketangkasan, seperti puzzle, game interaktif yang mendorong pemecahan masalah, atau game yang melibatkan gerakan fisik untuk melatih kemampuan motorik anak.

Game yang berisi kekerasan, seperti game perang atau perkelahian, harus dijauhkan dari anak-anak. Pasalnya, permainan seperti itu terbukti meningkatkan perilaku agresif (menyerang) pada anak.

Agar anak tidak melangkah terlalu jauh, orang tua harus mengawasi anaknya dengan baik saat bermain game mobile. Untuk anak-anak usia 5 hingga 18 tahun, waktu bermain game seluler harus dibatasi dengan bijak. Karena jika dibiarkan terlalu lama bermain game mobile maka anak akan kehilangan waktu istirahat dan kurangnya aktivitas fisik di luar rumah, yang baik untuk perkembangan fisik dan mentalnya.

Pastikan permainan yang dimainkan anak diatur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan batasan usia. Ini penting untuk mencegah anak-anak terlibat dalam konten dengan perilaku kekerasan, seksual, dan negatif.

Anda bisa mendapatkan pengalaman bermain game yang aman bagi anak-anak dengan Samsung Galaxy Note20. Galaxy Note generasi terbaru ini dapat memainkan game ramah anak dari XBox Game Pass Ultimate, yang telah dipilih dengan Cloud. Anda bisa memilih game seperti Minecraft Dungeon, Banjo-Kazooie, dan lainnya.

Para orang tua juga bisa mengasah kemampuan menulis dan menggambar anak-anak mereka dengan model S Pen terbaru di Samsung Galaxy Note20. Aktivitas bermain sambil belajar juga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dengan Galaxy Note20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*