Robovent Buatan Gunadarma Bisa Menjadi Bantuan Bagi Pasien COVID-19

Robovent Buatan Gunadarma Bisa Menjadi Bantuan Bagi Pasien COVID-19 :

Robovent Buatan Gunadarma

Robovent Buatan Gunadarma

Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma Dr. Adang Suhendra yang turut serta dalam dimulainya pembuatan robot kipas Gunadarma menjelaskan bahwa teknologi Robovent digunakan untuk pembuatan berbagai produk turunan.

“Awalnya tahun lalu di bulan Maret April saat COVID-19 mulai menyebar di Indonesia, kami membangun dan mendesain produk fan bernama Robovent. Sekarang, dengan memanfaatkan teknologi Robovent, kami memperkenalkan beberapa produk lainnya. Pertama, Roboflow, yang untuk High flow. Nasal, lalu Robomet sebagai alat oksigen generik. Di sini kita juga sediakan Robohelm, lalu ada juga pendeteksi suhu. Makanya kita kembangkan alat ini untuk fokus membantu dokter dan pasien, ”ucapnya.

Setelah lolos uji Puskesmas Jakarta, alat bantu medis hasil kreasi tim robotik Universitas Gunadarma diproduksi secara massal, bekerjasama dengan PT. Inti Inovasi Teknologi sebagai mitra industri. Dengan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi Hijau, alat peraga produksi Universitas Gunadarma dipercayakan untuk digunakan di berbagai rumah sakit di Indonesia.

Selain pembuatan alat bantu pernapasan, tim robotik Universitas Gunadarma juga mengembangkan alat lain yang disebut Powered Air Purifying Respirator (PAPR). Alat ini berfungsi sebagai pelengkap Alat Pelindung Diri (APD). PAPR yang merupakan hasil modifikasi masker memiliki saluran inspirasi dan saluran ekspirasi serta dilengkapi dengan sensor pendeteksi tekanan udara.

PAPR dapat memberikan asupan udara yang dapat disesuaikan dengan laju pernapasan pengguna. Selain itu, perangkat ini juga aman dari virus dan bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*