Soal Kreativitas Digital Ernest Prakasa Bicara

Soal Kreativitas Digital Ernest Prakasa Bicara : Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) beberapa waktu lalu melakukan kegiatan Dig for Knowledge tentang transformasi digital. Dalam kegiatan ini Kominfo mengundang 2 orang populer yaitu Ernest Prakasa dan Jefri Nichol.

Ernest yang merupakan seorang penulis dan pembuat film hadir untuk berbagi ilmu dengan kurang lebih 5.000 peserta online tentang ‘Creative Writing’. Menurutnya, subjek menulis bisa diangkat dari hal-hal yang menjadi kegelisahan penulis, sedangkan kreativitas bisa dimulai dari mengenal diri sendiri dan terbuka untuk mengonsumsi karya orang lain.

“Pengenalan diri sendiri dapat memberikan keunikan pada karya yang diciptakan, sedangkan konsumsi karya orang lain dapat menjadi referensi/inspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang inovatif dan tidak membosankan,” kata Ernest dalam keterangan tertulis, Senin (8/2/2021). .

Penulis dan pembuat film ini juga menjelaskan kedalaman karakter dan plot sebagai dua komponen penting saat menulis sebuah cerita. Ernest mengatakan bahwa kedalaman karakter berbicara tentang dinamika psikologis yang terjadi pada level internal karakter.

Hal ini berlanjut tidak hanya sikap dan perilaku yang tampak dari luar, tetapi juga mengapa karakter dapat menampilkan sikap dan perilaku tersebut. Kedalaman karakter ini mampu mengobarkan emosi dan simpati pembaca, serta membuat karakter dalam tulisan kita berbeda dengan karakter di tulisan lain.

Alur atau plot juga merupakan komponen yang tidak kalah penting dan harus direncanakan dengan matang karena plot dapat mempermainkan emosi pembaca ketika membaca tulisan kita, tambah Ernest.

Ernest juga mengingatkan bahwa tidak ada yang bisa menyenangkan semua orang dan sehebat dan sehebat apapun seseorang, komentar negatif akan selalu ada. “Jadi lakukan saja! Berani memulai dan mulai berlatih menghadapi opini dan komentar negatif orang lain,” kata Ernest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*