Siap Tampilkan Karya di Tokyo Game Show 2021 19 Pelaku Industri Game Tanah Air

Siap Tampilkan Karya di Tokyo Game Show 2021 19 Pelaku Industri Game Tanah Air : Sebanyak 19 delegasi Indonesia dikirim untuk mengikuti Tokyo Game Show, ajang pameran perdagangan dan game terkemuka dunia yang akan berlangsung dari 30 September hingga 3 Oktober 2021.

Isi dari kegiatan tersebut seringkali menjadi barometer perkembangan industri game global. Untuk tahun ini, Tokyo Game Show 2021 (TGS) akan diadakan secara hybrid, juga dikenal sebagai online dan offline.

Partisipasi Indonesia dalam TGS 2021 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kami percaya bahwa potensi game buatan Indonesia atau lokal terlalu besar untuk diperhatikan dunia sebagai produk digital ekonomi kreatif unggulan Indonesia,” kata Nia Niscaya, Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Diinformasikan melalui siaran pers di situs Kemenparekraf, Jumat (10/1/2021), Nia mengatakan partisipasi ini merupakan salah satu strategi utama untuk memajukan industri game, dengan membuka akses pasar yang lebih luas bagi industri nasional.

Kesembilan belas peserta Indonesia ini akan mempresentasikan karya mereka di bidang pengembangan game, penerbitan dan layanan.

Mereka adalah: 4Happy Studio, Agate, Algorocks, Ayoo Kreasi, Big Fire Studio, Engram Interactive, Extra Life Entertainment, Gambir Studio, GameChanger Studio, Joyseed Gametribe, dan Lyto.

Kemudian ada juga PT Megaxus Infotech, PT Melon Indonesia, Rainman Studios, Satriver Studio, Seraph Games, Vertwo, Wisageni Studio, dan Xelo Games.

Semua peserta akan berpartisipasi dalam pertemuan bisnis-ke-bisnis (B2B) melalui Sistem Pencocokan Bisnis yang disediakan oleh TGS.

Berbagai game Indonesia juga akan dipamerkan di TGS Exhibitor Showroom, termasuk paviliun virtual Archipelageek by Indonesia Goes to Tokyo Game Show 2021.

Selain itu, peserta Indonesia juga akan memiliki akses untuk berpartisipasi dalam MeetToMatch – The Tokyo Edition 2021.

MeetToMatch: edisi Tokyo 2021 adalah platform independen yang dilakukan bersama dengan TGS, yang menyatukan peserta dengan perusahaan internasional dari industri game global, dalam layanan perjodohan komersial.

Para investor atau pengusaha ini juga biasanya menjadi peserta dari acara TGS itu sendiri.

Keikutsertaan Indonesia dalam acara ini juga didukung oleh Asosiasi Gaming Indonesia (AGI) dan KBRI Tokyo, Jepang.

“Semakin konsisten kami mengirimkan delegasi Indonesia ke acara seperti ini, semakin banyak pula game Indonesia yang dikenal di industri game luar negeri,” kata Presiden AGI Cipto Adiguno.

“Itu pada gilirannya juga akan mengangkat profil industri game lokal kita di dunia,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*